Karyawan Sebagai Roda jalanya Usaha

Karyawan Sebagai Roda jalanya Usaha

Kegiatan sehari-hari pengelolaan usaha toko telekomunikasi biasanya berkisar antara berbelanja persediaan barang yang akan di jual dan melakukan proses tawar menawar dengan pembeli. Untuk usaha skala kecil, Anda dapat mengandalkan tenaga sendiri . Namun, jika anda memiliki kegiatan lain atau toko Anda sudah cukup besar tak ada salahnya merekrut karyawan untuk menjalankan usaha anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait dengan manajemen personalis.

  1. Perekrutan Karyawan

Perekrutan karyawan bisa dilakukan melalui koneksi dari karyawan yang sudah bekerja sama atau melalui referensi dari teman. Memasang iklan di koran pun bukan hal yang tabu. Namun biasanya, sistem referensi  lebih terjamin untuk mendapatkan karyawan yang  jujur dan dapat di percaya.

  1. Jam Buka Usaha

Jika anda menyewa kapling di mal atau pusat perbelanjaan tersebut. Jika Anda membuka toko di pinggir jalan, secara otomatis waktu buka toko bisa lebih fleksibel dan lama. Oleh karena itu, sistem personalianya pun berbeda. Contohnya, dengan memberlakukan sistem kerja sift pada karyawan.

  1. Gaji Karyawan

Gaji pokok yang biasa di terima karyawan toko telekomunikasi berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000. Namun, karena usaha ini bersifat ritel maka hal komisi pun sangat beragam, mulai dari 100 hingga Rp 5.000. tergantung dari jenis barang yang di jual. Jika terhadap karyawan yang kinerjanya baik, pemiliksebaiknya tidak tidak segan-segan memberi mereka bonus atau tip. Selain itu, seperti  layaknya karyawan di tempat lain , karyawan toko telekomunikasi pun mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) yang besarnya sekitar satu hingga setengah kali gaji.